Uncategorized

Sumbangan online yang rentan terhadap penyalahgunaan? Lakukan ini untuk menghindari ini

Di era online ini, semua transaksi dapat dikelola dan disumbangkan melalui Internet. Di masa lalu, Anda harus pergi langsung ke agensi untuk sumbangan untuk mengirim sumbangan. Sekarang Anda dapat menyumbang di mana saja dan kapan saja melalui sumbangan online.
cara berhenti donasi unicef , sumbangan melalui internet akhir-akhir ini menjadi tidak aman karena kasus Cak Budi, yang menyalahgunakan sumbangan untuk kebutuhan pribadi, meskipun tidak ditemukan 100% bersalah dan kasusnya tidak dibawa ke pengadilan. Namun, orang-orang khawatir tentang keamanan donasi online.

Faktanya, tidak semua agensi penggalangan dana online banyak agensi penggalangan dana donasi online yang kredibilitasnya tidak diragukan. Jaga agar kiat-kiat ini aman agar lebih berhati-hati dengan donasi online.
Ketahui lembaga donasi
Sebelum menyumbang secara online, Anda dapat terlebih dahulu memeriksa kredibilitas pengumpulan dana online yang dipilih. Ini karena sumbangan online sedang berkembang di Indonesia, dan para donor awam bingung dalam memilihnya. Pilih penggalangan dana yang sudah memiliki reputasi baik di komunitas. Cari tahu lebih lanjut tentang sejarahnya.
Selain itu, Anda dapat meneliti donasi ini secara online dengan membaca ulasan atau apresiasi dari orang-orang yang telah menyumbang ke fasilitas. Semakin banyak ulasan bagus, semakin percaya diri lembaga donor.
Lihat juga dokumentasi kegiatan yang dilakukan. Umumnya, donor tepercaya menemukan kegiatan mereka sehingga para donor tahu bahwa uang mereka dibelanjakan dengan benar.
Perhatikan akun donasi
Pertama, periksa nama pemegang akun donor, apakah itu atas nama seseorang atau lembaga. Dalam kasus Cak Budi, akun donasi adalah atas nama istrinya sendiri. Inilah sebabnya mengapa kontroversi tersebut tampaknya tidak transparan mengenai penerimaan dana, karena dana yang dikumpulkan dan dibayar tidak pernah dilaporkan, hanya dalam bentuk sumbangan untuk seseorang, tetapi tidak ada laporan tentang total distribusi dana.
Tidak hanya dalam kasus Cak Budi, dalam beberapa kasus, akun penggalangan dana adalah akun siswa. Selain itu, tidak disarankan untuk mengirim sumbangan melalui transfer bank atau layanan transfer uang ke lembaga yang tidak dikenal. Ini karena metode ini tidak memberi Anda jaminan yang wajar (perlindungan kewajiban) jika terjadi penipuan.
Watch out for pengumpulan dana online
Biasanya, hanya ada email untuk organisasi yang menggalang dana untuk korban bencana alam atau pihak yang membutuhkan bantuan dengan kotak surat. Ia harus curiga terhadap kebenaran, memeriksa keaslian organisasi di Internet.

Biasanya, email berisi hyperlink ke konten mereka, jika memungkinkan, jangan klik hyperlink. Ini karena Anda diarahkan ke situs donasi online untuk memberikan donasi. Namun, perlu diingat bahwa situs itu palsu, biasanya situs terkenal (penipuan) direplikasi dan dibuat setepat mungkin untuk menyesatkan para korban.
Pastikan situs tersebut aman untuk sumbangan online
Anda perlu memeriksa keamanan situs web di mana sumbangan online dimungkinkan sebelum menyumbang. Ini karena situs tersebut mungkin mengandung spyware atau sejenisnya. Dengan demikian, ketika Anda memasukkan informasi pribadi, seperti nomor rekening bank, nomor kartu kredit atau lainnya, mereka dapat dengan mudah dicuri.
Antara lain, Anda dapat melihat ikon kunci hijau di URL browser Anda. Pada dasarnya, ikon ini ditampilkan di situs web aman untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*