Uncategorized

Sadari Penyakit PCOS Sejak Dini

Pcos atau sebenarnya dalam bahasa medis sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome atau PCOS adalah gangguan hormone yang terjadi pada wanita yang berada pada usia yang subur. Penderita PCOS ini mengalami gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormone maskulin atau dalam medis disebut hormone androgen yang sangat berlebihan .

Hormone ini dalam keadaan yang sangat berlebihan pada penderita PCOS yang dapat mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong kantong yang berisi cairan yang menyebabkan sel telur tidak dapat berkembang secara sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur . akibat lain dari PCOS ini adalah penderitnya tidak subur atau mandul , rentan terkena diabetes , dan terkena tekanan darah tinggi . Dalam penyakit sindrom polikistik ovarium ini memiliki gejala gejala yang umumnya bisa timbul ketika wanita mengalami haid pertama kali pada masa pubertas .

Walaupun gejala PCOS sering muncul pada saat remja ada juga penderita yang terkena PCOS mengalami gejalanya pada saat dewasa yaitu ketika mengalami kenaikan beat badan secara signifikan adalah contih dari pada saat periode tertentu mmepengaruhi sindrom polikistik ovarium .dulansir dari alodokter berikut adalah gejala PCOS yang harus kamu ketahui dan sadari lebih dini agar tidak terlambat , antara lain

  • Kulit berubah warna menjadi warna leih gelap

Biasanya pada bagian tubuh tertentu seperti lipatan leher , selangkangan dan bagian bawah payudara yang membuat bagian tubuh dari penderita PCOS ini menjadi lebih gelap .

  • Memiliki ovarium yang banyak

Ketika penderita PCOS bisa menemukan kantong kantong kista yang terdapat disekitar sel telur atau ovarium .

  • Gejala yang ditimbulkan akibat kadar hormone androgen yang meningkat

Munculnya jerawat yang parah dan kebotakan termasuk gejala hormone androgen yang terjadi pada perempuan yang sedang yang meningkat . peningktan kadar hormone androgen pada wanita dengan PCOS dapat menyebabkan munculnya gejala fisik seperti pria contohnya tumbuh rambut yang lebat pada wajah dan tubuh atau yang disebut dengan hirsutisme .

  • Gangguan menstruasi

Pcos kerap sekali dikenal dengan periode menstruasi yang tidak tertaur dan sangat berkepanjangan . contohnya saja penderita pcos hanya akan mengalami haid kurang lebih dari 8-9 kali dalam setahun dan jarak antar haid dapat kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari dan darah menstruasi mengalir deras.

Penyebab dari sindrom polikistik ovarium bisa belum diketahui secara pasti tetapi ini bisa menjadi penyebab utama sindrom polikistik ovarium , seperti faktor genetic karena sebagian penderita pcos memiliki anggota keluarga yang menderita pcos berarti memiliki keturunan penyakit dan faktor kelebihan hormone insulin yaitu hormone yang berfungsi menruunkan kadar gula dalam darah , hormone yang insulinya berlebihan akan emmbuat tubuh meningkatkan produksi hormone androgen dan dapat mengurangi sensivitas tuuh terhadap insulin . Lalu bagaimana cara mengatasi sindrom polikistik ovarium atau PCOS yaitu tentu sja pengobtannya berbeda beda tetapi tergantung gejala yang dialaminya seperti saja kemandulan , hisutisme atau jerawat parah yang sudah disebutkan diatas tadi , dilansir dari alodokter cara mengatasinya adalah

  • Obat obatan

Biasanya dokter juga akan merekomendasikan konsumsi hormone progestron saja selama 10-14 hari selama 1-2 bulan . dalam penggunaan hormone ind dapat mengatur siklus haid yang terganggu obat obatan yang dimaksud seperti , : clomifene , letrozole, dan metformin

  • Perubahan gaya hidup

Olahraga yang berguna untuk meningkatkan efektivitas obat dan dapat membantu meningkatkan kesuburan penderita pcos.

Sumber gambar: kumparan.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*